Selasa, 29 Mei 2012

makalah sitem informasi akuntansi pujasera


 

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DI PUJASERA
MAKALAH
Disusun untul memenuhi tugas
Mata Kuliah Sistem Informasi Akuntansi

LOGO FKIP.jpg
Disusun oleh
Kelompok 4 kelas 3c
NAMA
NPM
Dian
Mira Styani
Siti Rodiah
Ismiati Solehah
Geri Irawan
2107090038
2107090111
2107090169
2107090100
2107090065
Muhamad Hasan Tsani
2107090213



PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
                                UNIVERSITAS GALUH      
CIAMIS 2011-2012
KATA PENGANTAR

Syukur alhamdulillah, kami panjatkan ke hadirat Ilahi Robbi karena atas Qudrat dan Iradat-Nya sehingga kelompok kami dapat menyusun dan menyelesaikan makalah ini dengan Judul “Sistem Informasi Akuntansi di Pujasera”.
Penulisan makalah ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem Akuntansi Pada Program Studi Pendidikan akuntansi, Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas galuh  ciamis.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini tidak lepas dari kekurangan, sehingga makalah ini jauh dari yang dikatakan sempurna, hal ini dikarenakan keterbatasan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki penulis, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun guna perbaikan dan penyempurnaan.
Akhirnya kami penulis berharap, semoga makalah ini bermanfaat bagi penulis dan para pembaca pada umumnya.




Ciamis,   Mei 2012

Penulis


                                                                                  



DAFTAR ISI

Halaman
Kata Pengantar ...........................................................................................      i
Daftar Isi.......................................................................................................      ii
Bab I Pendahuluan
1.1.   Latar Belakang .................................................................................      1
1.2.   Tujuan ..............................................................................................      1
Bab II Tinjauan Pustaka
2.1.   Pengertian sistem informasi akuntansi .............................................      2
2.2.   Cara kerja sistem informasi akuntansi ..............................................      2
2.3.   Manfaat sistem informasi akuntansi .................................................      3
2.4.   Komponen sistem informasi akuntansi ............................................      3
Bab III Pembahasan
3.1.   Sejarah Pujasera ...............................................................................      6
3.2.   Struktur personalia pujasera .............................................................      7
3.3.   Struktur organisasi bagian PDE pujasera .........................................      7
3.4.   Komponen sistem informasi akuntansi pujasera ..............................      8
Bab IV Penutup
4.1.   Simpulan ..........................................................................................      15
4.2.   Saran ................................................................................................      15
Daftar Pustaka
Lampiran-lampiran




BAB I
PENDAHULAN

1.1.  Latar belakang
Penilitian ini dilakukan berdasarkan atas tuntutan bagi mahasiswa yang harus menyelesaikan mata kuliah sistem informasi akuntansi di universitas.
Dengan bekal materi dan bimbingan dari dosen mata kuliah, kami sebagai penulis mencoba membandingkan dan mencoba memberikan pemikiran baru tentang sistem informasi akuntansi  di perusahaan, sebagai bentuk pengaplikasian atas materi dan pengetahuan yang telah di dapat diperkuliahan.
Penelitian ini tidak serta merta langsung dituangkan kedalam bentusk deskriptif dalam tulisan, namun kami melakukan serangkaian observasi dan wawancara terlebih dahulu terhadap perusahaan yang dijadikan objek.
Penelitian atau obserpasi ini diharapkan bisa memberikan pemahaman yang lebih mendalam bagi kami sebagai mahasiswa yang sedang mendalami sistem informasi akuntansi.
Penulis menjadikan Pujasera sebagai objek kajian atau objek penelitian, karena penulis berfikir bahwa selain lokasi pujasera yang letaknya strategis, pujasera adalah perusahaan yang bisa dikatakan masih dalam tahap perkembangan  yang perlu dikembangkan dan didukung keberadaannya, apalagi saat ini penulis domisilinya di Ciamis, Kota dimana Pujasera itu lahir.
1.2.  Tujuan
Tujuan penelitian ini, adalah sebagai berikut :
1.         Mengetahui lebih jauh tentang pujasera sebagai bahan pembelajaran, dan inspirasi bagi para mahasiswa yang ingin mengambangkan usaha sejenis;
2.         Mengetahui dan memberikan interpretasi mengenai sistem informasi akuntansi  yang ada di pujasera;
3.         Mengambil hikmah atau manfaat dari kekurangan dan kelebihan yang dimiliki sistem informasi akuntansi  di pujasera.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1.   Pengertian sistem informasi akuntansi
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem informasi yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan Akuntansi. Akuntansi sendiri sebenarnya adalah sebuah sistem informasi. Fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi antara lain:
1)        Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
2)        Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam roses pengambilan keputusan.
3)        Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
Subsistem SIA memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksi nonkeuangan yang secara langsung memengaruhi pemrosesan transaksi keuangan.
SIA terdiri dari 3 subsistem:
1.      Sistem pemrosesan transaksi
mendukung proses operasi bisnis harian
2.      Sistem buku besar/ pelaporan keuangan.
Menghasilkan laporan keuangan, seperti laporan laba/rugi, neraca, arus kas, pengembalian pajak
3.      Sistem pelaporan manajemen
Menyediakan pihak manajemen internal, berbagai laporan keuangan bertujuan khusus serta informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan, seperti anggaran, laporan kinerja, serta laporan pertanggungjawaban.
2.2.   Cara kerja sistem informasi akuntansi
Untuk memahami bagaimana SIA bekerja, perlu untuk menjawab beberapa pertanyaan sebagai berikut :
1.      Bagaimana mengoleksi data yang berkaitan dengan aktivitas dan transaksi organisasi?
2.      Bagaimana mentransformasi data kedalam informasi sehingga manajemen dapat menggunakan untuk menjalankan organisasi?
3.      Bagaimana menjamin ketersediaan, keandalan, keakuratan informasi ?

2.3.   Manfaat sistem informasi akuntansi
Sebuah SIA menambah nilai dengan cara:
1.      Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
2.      Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
3.      Meningkatkan efisiensi
4.      Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
5.      Meningkatkan sharing knowledge
6.      menambah efisiensi kerja pada bagian keuangan

2.4.   Komponen sistem informasi
Ada beberapa elemen atau komponen yang membentuk sebuah system yaitu :
o   Tujuan
o   Masukan
o   Model
o   Keluaran
o   Proses
o   Teknologi (softwere, hardwere dan jaringan)
o   Basis data
o   Mekanisme pengendalian, dan
o   Umpan balik

1.      Tujuan
Setiap sistem mempunyai tujuan (goal) entah hanya satu atau mengkin banyak. Tujuan inilah yang menjadi pemotivasi yang mengarahkan sistem, Tanpa tujuan sistem menjadi takterarah dan terkendali.
2.      Masukan
Masukan (input) sistem adalah segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem dan selanjutnya menjadi bahan untuk diproses.
3.      Keluaran
Keluaran (output) merupakan hasil dari pemrosesan. Pada sistem informasi,keluaran bisa berupa suatu informasi,saran,cetakan laporan dan sebagainya. Mekanisme Pengendalian dan Umpan Balik
Mekanisme pengendalian (control mechanism) diwujudkan dengan menggunakan umpan
balik (feedback), yang mencuplik keluaran. Umpan balik ini digunakan untuk mengendalikan baik masukan maupun proses. Tujuannya adalah untuk mengatur agar sistem berjalan sesuai dengan tujuan.
4.      Proses
Proses merupakan bagian yang melakukan perubahan atau transformasi dari masukanmenjadi keluaran yang berguna misalnya berupa informasi dan produk, tetapi juga bisa berupa hal-hal yang tidak berguna misalnya sisa pembuangan dan limbah. Pada sistem informasi, proses dapat berupa suatu tindakan yang bermacammacam, meringkas data,melakukan perhitungan dan mengurutkan data merupakan beberapa contoh proses.
5.      Basis data
Basis data (database) : sekumpulan table, hubungan dan lain-lain yang berkaitan dengan penyimpan data.
Basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
Catatan yang mirip dengan basis data sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kuitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis.
Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema.
Skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu basis data, dan hubungan di antara obyek tersebut. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur basis data: ini dikenal sebagai model basis data atau model data. Model yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah layman mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang sebenarnya menggunakan terminologi matematika). Dalam model ini, hubungan antar tabel diwakili denga menggunakan nilai yang sama antar tabel.

6.      Mekanisme pengendalian dan Umpan balik
Mekanisme pengendalian (control mechanism) diwujudkan dengan menggunakan umpan balik (feedback), yang mencuplik keluaran. Umpan balik ini digunakan untuk mengendalikan baik masukan maupun proses. Tujuannya adalah untuk mengatur agar sistem berjalan sesuai dengan tujuan.



BAB III
PEMBAHASAN

3.1.   Sejarah pujasera
Pujasera didirikan pada tahun 2011, dengan alasan masyarakat ciamis yang sudah mulai berlaku konsumtif. Perilaku ini disebabkan karena berbagai kesibukan dan profesi pekerjaan yang menuntut mereka untuk bekerja on-time.
Pujasera dihadirkan untuk memberikan solusi bagi mereka yang memiliki kesibukan dan waktu luang yang harus dimanfaatkan sedemikian rupa, sehingga waktu luang atau waktu istirahat meraka berkesan.
Jadi pujasera hadir sebagai sosok yang digemari dan digandrungi semua kalangan karena menyenangkan dan serba ada.
Pujasera merupakan jelmaan dari masyarakat ciamis yang hidup ditengah kota yang membangun, dimana pujasera masih melakukan pengembangan dan pembangunan untuk lebih megah dan lebih baik lagi dimasa mendatang. Begitu juga dengan sistem informasi akuntansi yang di terapkan sedang dibangun dan dirintis menuju kesempurnaan.
Sesuai dengan namananya pusat jajanan serba murah maka pujasera berusaha membangun nama dan kepercayaan dimata masyarakat yaitu dengan tujuan bahwa pujasera memang sebuah tempat jajanan yang serba murah dan digandrungi semua kalangan baik anak-anak, remaja, pegawai negeri, pegawai pemerintah atau mahasiswa sekalipun.

Adapun fasilitas yang tersedia di pujasera adalah:
1.    Menyediakan jajanan yang serba ada;
2.    Menyediakan tempat hiburan yang menyenangkan dari mulai hiburan anak-anak sampai hiburan remaja;
3.    Menyediakan tempat belanja dan shoping yang mengasikan dan;
4.    Menyediakan berbagai lowongan pekerjaan bagi mereka yang mau bekerja paruh waktu.

Dengan nama dan misi pujasera yang masuk kesemua kalangan diharapkan pendapatan dan masukan bagi perusahaan pujasera bisa lebih meningkat, sehingga secara tidak langsung membantu perekonomian masyarakat.
Untuk itu sistem informasi akuntansi pun sangat membantu kemajuan dan keberlangsungan pujasera, karena dengan sistem informasi akuntansi yang baik maka perusahaan akan mampu mengendalikan perusahaan untuk lebih baik lagi.

3.2.   Setruktur dan personalia pujasera
Direktur utama                        : Juniap Tendy
General manager                     : Peisilia Alodia
Wakil general manager           : Waskito
Administrasi                             : Heri Herdianto
Personalia & prasarana          : Ade Herdiana
Markeketing & promosi          : Yeyet Supriatin
Keuangan                                 : Lia Yuliani
Merchandise                             : Riska Sri Diana
Supervisor A.Shoes                 : Nendah .N
Supervisor A.Express              : Endah .N
Supervisor Pujasera                : Resi Resianti

3.3.   Setruktur organisasi bagian PDE
Di pujasera sendiri untuk PDE bisa dibilang masih belum berjalan, namun pengolahan data yang dilakukan sebatas dilakukan oleh satu orang. Dimana orang tersebut selain menguasai akuntansi juga menguasai komputerisenya. Namun penggunaan program akuntansi belum digunakan, baru menggunakan program penghitungan data seperti exel.
Jadi untuk struktur organisasi di bagian PDE belum ada



3.4.   Komponen sistem informasi di pujasera
Berdasarkan observasi yang kami lakukan komponen-komponen yang kami temukan dan kami identipikasi di pujasera, menemukan komponen sebagai berikut:
1.      Masukan
Masukan atau infut yang kami identipikasi di pujasera adalah berupa data-data keuangan yang setiap harinya mengalir datang dari setipa bagian, baik bagian pembelian barang maupun penjualan dan bagian-bagian lainnya yang berkaitan dengan administrasi terutama keuangan.
2.      Model
Model basis data yang diterapkan di pujasera berdasarkan data yang kami peroleh adalah menyerupai model basis data hirarkis. Namun lebih bersifat personal tidak berjaringan elektronik.
Model basis data yang kami peroleh dapat digambarkan sebagai berikut:

MODEL BASIS DATA PUJASERA
(MODEL HIRARKIS)


 










Dari model basis data diatas dapat terlihat jelas bahwa setiap data yang ada dimasing-masing bagian itu bertanggungjawab kepada atasan, dan kebijakan-kebijakan atasan atau manager akan berkaitan langsung terhadap masing-masing bagian dibawahnya.
3.      Keluaran
Untuk output di pujasera adalah berupa data laporan keuangan yang dipertanggungjawabkan kepada manager. Laporan keuangan ini berfungsi memberikan ikhtisar atau informasi tentang kuangan selama periode tertentu. Jenisnya yaitu neraca, laba rugi dan laporan lainnya yang diperlukan seperti laporan penggajian. Laporan-laporan yang disajikan di pujasera hampir sama dengan laporan-laporan yang disajikan di perusahaan lain walau pun lebih sederhana dan disesuaikan dengan keperluan manajemen.
4.      Teknologi
a.       Hardwere
Hardware yang ada di pujasera adalah sebagai berikut:
o   5 unit komputer PC di bagian administrasi;
o   2 unit komputer PC masing-masing di warnet, dan toko;
o   4 unit komputer khusus bagian kasir.
o   Infra merah untuk kode bar
o   1 unit notebook
o   7 unit printer tinta
o   4 unit printer pitas

b.      Softwere
o   Microsoft office
o   Dan aplikasi standar yang digunakan dimasing-masing perangkat komputer
o   Softwere khusus kasir

c.       Jaringan
Berdasarkan data yang kami peroleh pujasera tidak menerapkan jaringan secara terpadu antar komputer yang satu dengan yang lainnya. Meraka justru menggunakan perangkat komputer sendiri-sendiri tanpa ada satu komputer atau tanpa ada komputer yang dijadikan sentral untuk di link kan menjadi satu jaringan komputer yang lebih luas. Juga Proses pengiriman dan penerimaan data yang dilakukan di pujasera lebih bersifat manual dan personal.
5.      Basis data
Di pujasera sendiri sesuai dengan model basis data yang digunakan yaitu model hirarkis, maka basis data nya pun lebis cenderung personal. Artinya masing-masing bagian memiliki basis data tersendiri dan tidak di link kan dengan bagian lainnya.
Data-data yang dimasukan adalah data-data yang memang berkaitan dengan masing-masing bagian. Contohnya saja bagian keuangan data yang dimasiukan adalah data-data yang memang berhubungan langsung dengan keuangan. Dan begitu juga dengan bagian lainnya.
6.      Pengendalian
a.       Karakteristik aktivitas pengawasan intern
a)      Pengumpulan data
Pengendalian yang dilakukan saat pengumpulan data di pujasera adalah dilakukan terlebih dahulu dengan berbagai slip yang dibuat ganda, slip-slip atau bukti-bukti transaksi tersebut nantinya akan dijadikan data mentah sebagai masukan atau data-data yang akan diolah oleh bagian yang berhubungan atau bagian yang berkaitan dengan jenis data tersebut.
Saat pengumpulan data bukti-bukti transaksi  yang di buat rangkap akan jadi bukti tersendiri saat nanti dimasukan atau diproses, rangkap yang diserahkan ke manajemen akan selalu menjadi pengendali bagi setiap bagian yang mengurus bukti-bukti transaksi tersebut.
b)      Pengolahan data
Pengendalian saat pengolahan data dilakukan dengan mengecek kembali data-data yang telah dimasukan, disesuaikan dengan data mentah yang tercatat di bukti pengeluaran atau bukti-bukti transaksi lain yang sudah dicetak terlebih dahulu.
c)      Penyimpanan dan pembacaan
Salah satu cara pengendalian atau pengawasan terhadap data yang disimpan atau data yang akan di baca, salah satunya adalah dengan memiliki kopian data otentik atau data asli dari data  yang dimasukan tersebut, sehingga kemungkinan-kemungkinan yang tidak diharapkan bisa diminimalisir apa bila memiliki data kopiannya. Jadi data  yang disimpan memili dua arsip satu arsip yang disimpan di hard disk dan data arsip yang disimpan di memori. Selain itu penyimpanan dan pembacaan data ini juga salah satunya dibantuk dengan adanya pengawasan secara komputerise  yaitu pengawasan dari virus-virus oleh antivirus.
d)     Pembuatan informasi
Pembuatan informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan juga tidak terlepas dari pengendalian salah satu pengendalian yang dilakukan terhadap laporan atau informasi yang dihasilkan adalah disesuaikan terlebih dahulu dengan data-data yang sebenarnya, atau sebelum disahkan laporan yang dihasilkan di cek ulang demi memperoleh kefasihan yang tepat. Pengawasan pembuatn informasi ini pun sangat dipengaruhi oleh profesionalitas yang dilakukan stap di pujasera.
e)      Pengiriman data dan informasi
Berdasarkan data yang kami peroleh di pujasera, pengiriman data dan informasi tidak dilakukan dengan memanfaatkan jaringan, namun dilakukan dengan menggunakan data kopian dari masing-masing bagian.
Jadi apa bila diperlukan data dari setiap bagian data kopianlah yang berperan dan akan sangat membantu.
f)       Perlengkapan
Adapun demi menunjang keberhasilan dan ketercapaian tujuan yang telah ditetapkan, pujasera menerapkan dan melengkapi diri dengan memberikan fasilitas-fasilitas yang sekiranya dapat menunjang masing-masing bagian.
Salah satu bukti adanya perhatian manajer akan perlengkapan  yang menunjang adalah masing-masing bagian diberikan fasilitas yang standar yaitu diberikan fasilitas printer dan seperangkat komputer PC. Diharapkan dengan perlengkapan itu masing-masing bagian dapat bekerja dan meningkatkan kinerjanya dengan baik.
b.      Unsur pengendalian intern setiap bagian
a)      Pengawasan umum
1)      Organisasi dan operasi
Pengendalian yang berkaitan dengan organisasi dan operasi ini sangat erat kaitannya dengan keberadaan manager atas yang merupakan kunci atau sumber dari segala sumber. Artinya top menager lah yang berperan penting dalam pengendalian organisasi dan operasi di pujasera. Walau pun dalam kenyataannya masing masing bagian melakukan pengendaliannya masing-masing.
Bukti adanya pengendalian dalam organisasi adalah dengan memberikan tugas disesuaikan dengan kemampuan atau skill dari individu di suatu bagian. Jadi secara tidak langsung skill dan profesionalisme yang dimilki masing-masing individu sangat membantu akan terjaganya pengawasan organisasi dan operasi di pujasera ini.
2)      Sistem dan program
Sistem dan program informasi  yang diterapkan dipujasera adalah sistem dan program yang sederhana, dimana sistem dan program tersebut adalah sistem dan program yang memang dikuasai oleh penggunanya di masing-masing bagian.
Salah satu sistem dan program yang digunakan adalah Menggunakan program pengolahan data dan informasi yang standar yaitu (ms. Word dan ms.exel) dan program untuk kasir yang standar namun mudah dipahami. Dengan sistem dan  program tersebut diharapkan para penggunanya menguasai dengan baik sehinngga menghasilkan informasi yang baik dan terkuasai.
3)      Fasilitas pengolahan data
Fasilitas-fasilitas pengolahan data yang ada di pujasera seperti yang disebutkan diatas adalah menggunakan seperangkan komputer yang setandar.
4)      Fasilitas fisik komputer
Untuk fasilitas fisik komputer, agar lebih jelas bisa dilihat di lampiran-lampiran.
Hardware yang ada di pujasera adalah sebagai berikut:
o   5 unit komputer PC di bagian administrasi;
o   2 unit komputer PC masing-masing di warnet, dan toko;
o   4 unit komputer khusus bagian kasir.
o   Infra merah untuk kode bar
o   1 unit notebook
o   7 unit printer tinta
o   4 unit printer pitas

b)      Pengawasan aplikasi
1)      Pengawasan masukan
Masukan data yang akan dirproses diawasi dengan menggunakan rumus-rumus dalam komputerisasi yang membantu pengguna dari kesalahan perhitungan atau kesalahan menjumlah angka-angka dan liannya. Dan data yang telah dimasukan disimpan dalam disk dengan menggunakan kode. Langkah ini dimaksudkan data yang ada bisa terhindar dari campur tangan orang-orang yang tidak bertanggungjawab.
2)      Pengawasan proses
Pengawasan saat memproses adalah salah satunya dialakukan dengan memasukan rumus yang tepat dan selalu dicek dan dipertimbangkan dengan kenayataan atau keadaan sebenarnya. Dengan langkah ini diharapkan proses yang dilakukan terhindar dari kesalahan. Pengawasan dalam proses ini pun sangat dipengaruhi oleh konsentrasi dan ketelitian bainwerenya atau penggunanya.
3)      Pengawasan keluaran
Keluaran atau output yang dihasilkan, selanjutnya diawasi lagi dengan diadakan pengecekan lebih lanjut. Seperti apa yang diungkapkan diatas. Pengawasan dalam keluaran ini berakhir dipengawasan langsung oleh manager, yaitu dengan disahkannya laporan keuangan yang merupakan salah satu output atau keluaran yang dihasilkan.




BAB IV
PENUTUP

4.1.   Simpulan
Pujasera didirikan pada tahun 2011, dengan alasan masyarakat ciamis yang sudah mulai berlaku konsumtif, dikarenakan berbagai kesibukan dan profesi pekerjaan yang menuntut mereka untuk bekerja on-time.
Nama dan misi pujasera masuk kesemua kalangan sehingga diharapkan pendapatan dan masukan bagi perusahaan pujasera bisa lebih meningkat, sehingga secara tidak langsung membantu perekonomian masyarakat.
Penggunaan sistem informasi akuntansi di pujasera sudah bisa dikatakan hampir sesuai dengan sistem informasi akuntansi yang dipelajari,  walaupun di beberapa bagian terlihat masih banyak kekurangan yang perlu diminimalisir.
Sistem informasi akuntansi di pujasera sangat membantu terhadap keberlangsungan dan berjalannya perusahaan pujasera dimasa sekaran dan mendatang.
4.2.   Saran
Saran kami sebagai penulis adalah pengembangan dan perbaikan sistem sangat diperlukan di semua bidang,  pertimbangan sistem yang baik akan lebih meningkatkan kinerja danpendapatan perusahaan. Sistem yang baik juga akan menentukan keberlangsungan suatu perusahaan, bagaimana perusahaan itu dimata masyarakan, dan bagaimana perusahaan itu eksis salah satu pengaruh terbesarnya adalah dipengaruhi oleh sistem yaitu informasi akuntansi.




DAFTAR PUSTAKA

o   Wawancara langsung kepada bagian keuangan di Pujasera.




Fasilitas komputer yang ada di pujasera
Foto018.jpg
Foto019.jpg
Foto020.jpg
Foto022.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar